3 Perbedaan Toko Online dengan Website Perusahaan

Kemajuan bisnis di Indonesia telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terdapat banyak jenis usaha yang telah beralih ke ranah digital, mulai dari yang masih dalam tahap merintis hingga perusahaan besar. Pertumbuhan yang pesat ini juga diiringi dengan lonjakan perusahaan layanan ekspedisi di Indonesia, yang melibatkan pengiriman barang ke seluruh penjuru negara.

Dalam konteks ini, bisnis yang memanfaatkan toko online memiliki peran besar dalam penyediaan dan pendistribusian berbagai produk dan jasa tertentu kepada pelanggan. Website toko online dengan domain dari Indonesia juga mulai banyak melakukan kegiatan ekspor ke berbagai negara dan banyak dikenal oleh pelanggan luar Indonesia.Meskipun ada persamaan, toko online berbeda dengan marketplace. Di marketplace, terdapat banyak penjual dari berbagai skala bisnis yang menjual produk mereka. Sementara itu, toko online biasanya dimiliki dan dioperasikan oleh satu perusahaan tertentu. Meskipun kepemilikannya berada di tangan pemilik bisnis atau perusahaan, toko online tidak sama dengan sebuah website perusahaan.Ada beberapa perbedaan mendasar antara website perusahaan dan toko online. Sebelum membahas perbedaannya, penting untuk memahami pengertian dari dua jenis website tersebut.

Mengenal Apa Itu Toko Online?

Toko online adalah bentuk website yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli secara virtual, tanpa perlu bertemu langsung antara penjual dan pembeli. Di dalamnya, pemilik bisnis dapat menampilkan informasi yang detail mengenai produk atau layanan yang mereka tawarkan. Informasi yang dapat disampaikan meliputi deskripsi produk, spesifikasi, keunggulan, harga, serta panduan pembelian dan kontak perusahaan. 

Dengan menyediakan konten yang menarik dan relevan, perusahaan dapat membangun hubungan dengan calon pelanggan dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka. Melalui toko online, perusahaan juga dapat mengumpulkan informasi pelanggan, mempromosikan penawaran khusus, serta mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian produk secara berkala.

Lalu, Apa Itu Website Perusahaan?

Website perusahaan adalah platform digital yang digunakan untuk menggambarkan bisnis atau perusahaan yang Anda miliki. Melalui website ini, Anda dapat memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang bisnis dan perusahaan yang sedang dijalankan. Keberadaan website perusahaan memudahkan masyarakat atau calon konsumen untuk memahami informasi mengenai usaha Anda.

Selain berfungsi sebagai sarana penjelasan mengenai perusahaan, website perusahaan juga memiliki peran yang penting dalam membangun kepercayaan, karena adanya website tersebut dapat membuat perusahaan terlihat lebih transparan dan profesional. Calon pelanggan juga merasa terbantu karena semua informasi yang mereka butuhkan dapat disajikan dengan baik melalui website tersebut.

Meskipun ada berbagai platform lain yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi terkait sebuah perusahaan, penggunaan website tetap dianggap sebagai yang paling relevan dan efektif dalam menampilkan profilnya. Dengan memiliki website perusahaan, Anda dapat menampilkan identitas, sejarah, visi dan misi, produk dan layanan yang ditawarkan, serta informasi lain yang relevan dengan bisnis Anda.

Baca juga : Mengenal Lead Generation dalam Digital Marketing

Perbedaan Toko Online dengan Website Perusahaan

Ada beberapa perbedaan antara toko online dengan website perusahaan, di antaranya:

1. Tujuan pembuatannya

Sebuah toko online dibuat untuk menjual produk dan mencari keuntungan melalui platform digital. Oleh karena itu, pemilik toko online akan merancang website mereka dengan tampilan yang menarik. 

Sementara itu, tujuan dari website perusahaan adalah memberikan informasi kepada publik mengenai profil perusahaan dan produk yang dihasilkan. Meskipun mencari keuntungan juga menjadi salah satu tujuannya, fungsi utama website perusahaan adalah memberikan informasi kepada audiens dan mempromosikan perusahaan serta produknya.

2. Desain website

Desain toko online biasanya lebih fokus pada daya tarik visual agar menarik perhatian pengunjung. Biasanya, toko online menampilkan foto produk yang menarik dan memberikan penawaran menarik kepada pelanggan. Menu bar pada toko online juga biasanya berisi kategori produk untuk memudahkan pelanggan dalam mencari barang yang mereka cari.

Hal ini tentu berbeda dengan website perusahaan yang memiliki desain yang lebih sederhana dan memperhatikan citra profesional perusahaan. Hal ini karena website perusahaan juga berfungsi sebagai citra dari perusahaan tersebut.

3. Informasi yang disampaikan

Website toko online memberikan informasi tentang produk yang dijual, termasuk harga, deskripsi produk, dan foto tambahan. Di sisi lain, website perusahaan lebih menekankan pada informasi mengenai gambaran perusahaan dan produk yang ditawarkan.

Kesimpulan

Meskipun ada perbedaan antara website perusahaan dan toko online, keduanya memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan kemajuan bisnis di era digital ini. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan layanan hosting terpercaya, seperti dari DomaiNesia. Layanan ini dilengkapi dengan domain dan SSL gratis, sehingga dapat membantu Anda membangun branding bisnis dan menjaga keamanan akses website toko online maupun perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Hello!

Cari tahu bagaimana Teknoweb dapat membantu Bisnis Anda.

× Ready to grow?