Pentingnya keterampilan mendengar dalam berkomunikasi

Keterampilan Mendengar

Pentingnya Keterampilan mendengar dalam berkomunikasi. Tanpa teknik komunikasi, proses komunikasi akan berjalan tidak efektif. Teknik komunikasi berhubungan dengan keterampilan berbicara, keterampilan mendengar, keterampilan menulis, dan keterampilan membaca.

Komunikasi merupakan kunci terpenting dalam membangun hubungan baik antar setiap individu.

Komunikasi yang efektif sangat bergantung pada ketrampilan seseorang dalam mengirim maupun menerima pesan.

Kita menyaksikan begitu banyak proyek atau program Perusahaan macet ditengah jalan hanya gara-gara dis-komunikasi para anggotanya.

Masalah yang paling sederhana dan sering muncul itu di karenakan kurangnya keterampilan mendengarkan dalam berkomunikasi. Keterampilan mendengarkan seharusnya mengiringi keterampilan bertanya dalam komunikasi yang efektif.

Karena sebaik apa pun komunikasi terhadap seseorang tanpa diiringi dengan kemampuan mendengar maka komunikasi tidak efektif. Kemampuan mendengarkan secara aktif diartikan sebagai proses pemahaman secara aktif untuk mendapatkan informasi, dan sikap dari pembicara yang tujuannya untuk memahami pembicaraan tersebut secara objektif.

Komunikasi efektif adalah suatu kegiatan pengiriman makna (pesan) dari seorang individu ke individu yang lain di mana kegiatan tersebut dapat menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak.

Komunikasi Efektif, inilah yang menjadi permasalah orang Indonesia sekarang mereka masih awam terhadap budaya komunikasi Efektif dan kurangnya ketrampilan mendengar dalam berkomunikasi yang mengakibatkan mereka lebih banyak “berpendapat untuk mengemukakan masalah” daripada “berpendapat untuk memecahkan masalah”.

Pengertian Mendengar dalam teknik komunikasi

Mendengar merupakan aspek penting dalam berkomunikasi, mendengar melibatkan indra pendengaran telinga. Mendengar secara aktif dan efektif adalah dengan memadukan indra pendengaran dengan pikiran, sehingga dapat menangkap dan menginterpretasikan pesan yang disampaikan.

Berikut ini beberapa jenis mendengar secara aktif dan efektif.

1. Mendengar Evaluatif

Mendengar evaluatif adalah kegiatan mendengar sambil melakukan evaluasi terhadap kata-kata yang diucapkan pembicara. Kemudian hasil evaluasi tersebut disampaikan kembali kepada pembicara dalam berbagai bentuk seperti penolakan, persetujuan, dan lain-lain.

2. Mendengar Proyektif

Adalah memproyeksikan diri pendengar ke alam pikiran pembicara merupakan cara mendengar secara proyektif. Pendengar berusaha memahami pandangan pembicara dan memahami setiap arti kata sampai pembicaraan selesai.

Cara menjadi pendengar yang aktif dan efektif

  • Mendengar penuh konsentrasi
  • Menangkap pesan-pesan yang penting atau inti pembicaraannya
  • Mencatat hal yang dirasakan penting

Dengan melakukan ketiga cara diatas keterampilan mendengar Anda akan menjadi efektif. Sehingga point penting pada saat seseorang mendengar tidak akan terlewatkan. Karena beberapa jenis pembicaraan ada yang tidak bisa terulang kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Hello!

Cari tahu bagaimana Teknoweb dapat membantu Bisnis Anda.

× Ready to grow?