“Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah”
Di atas adalah kutipan pidato Presiden Joko Widodo menyikapi mewabahnya virus Covid-19 atau yang dikenal masyarakat luas sebagai virus corona. Presiden Jokowi meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait merebaknya virus yang pertama kali dideteksi muncul di kota Wuhan, Tiongkok ini. Salah satu imbauan yang dikeluarkan presiden adalah bekerja dari rumah, alias work from home. Bagi Anda, yang akan dan telah memulainya, simak tips bekerja dari rumah berikut ini.
Daftar Isi
Work From Home: Dulu dan Sekarang
Di masa lalu, bekerja dari rumah atau pelakunya lazim disebut sebagai pekerja remote memiliki reputasi yang kurang baik di mata masyakat. Banyak gangguan yang terjadi saat mereka bekerja di rumah. Bekerja dari rumah adalah hal yang langka sepuluh tahun yang lalu. Bekerja dari rumah di masa lalu hanya bisa terjadi karena kasus-kasus tertentu. Misalnya untuk mengakomodasi keluarga pada taraf tertentu.
Tips Bekerja Dari Rumah
Meskipun terlihat mudah dan menyengkan, bekerja dari rumah sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi mereka yang baru pertama melakukannya. Proses adaptasi sangat menentukan performa Anda saat berkerja dari rumah. Biarpun sama-sama bekerja, lingkungan kerja Anda berbeda seperti saat Anda berada di kantor. Berikit ini tips bekerja di rumah ala Teknoweb.
Menjaga Komunikasi Dengan Tim
Apapun penyebabnya, factor kunci dari lancarnya bekerja dari rumah adalah komunikasi. Terutama sekali menjaga komunikasi Anda dengan tim. Jika saat dikantor komunikasi dengan tim bisa dilakukan secara langsung saat ada masalah, hal demikian tidak akan terjadi jika Anda dan tim bekerja secara berjauhan. Salah satu kunci sukses berkomunikasi saat bekerja jarak jauh adalah selalu stand by dengan perangkat telekomunikasi. Tujuannya tentu untuk memudahkan Anda dan tim saling terhubung meskipun tidak berada pada tempat dan waktu yang sama.
Perlakukan Pekerjaan di Rumah Selayaknya di Kantor
Salah satu hal yang paling banyak membuat orang salah paham mengenai konsep kerja jarak jauh atau work from home adalah sikap terhadap pekerjaan. Satu hal yang diingat adalah, dirumah Anda sedang bekerja. Bukan sedang libur hanya karena Anda tidak perlu masuk kantor. Sebagai pekerja profesional tentu Anda sangat dituntut untuk selalu bertindak professional dimanapun berada.
Salah satu contoh paling gampang adalah menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Faktor dedikasi pada pekerjaan ini juga salah satu faktor krusial yang menentukan keberhasilan program bekerja dari rumah. Dan cara termudah untuk membangun suasana kerja dirumah selayaknya di kantor adalah menyamakan waktu reguler di rumah dengan jam kantor. Anda bisa menetapkan, kapan Anda mulai bekerja, kapan saatnya istarahat, dan jam berapa Anda harus meninggalkan meja kerja setelah semua pekerjaan Anda beres. Dengan demikian, ritme kerja Anda dirumah akan sama dengan yang biasanya Anda lakukan di kantor.
Set Workspace Senyaman Mungkin
Salah satu yang paling membedakan saat bekerja di rumah dan di kantor adalah kondisi workspace Anda. Tak ada salahnya untuk membuat workspace Anda seperti di kantor. Tentunya tanpa mengurangi kenyamanan yang mungkin. Anda bisa menambahkan beberap printilan agar membuat workspace Anda mirip di kantor. Tentu tanpa mengurangi suasana casual dan nyaman di rumah.
Meminta Pengertian Dengan Orang Rumah
Salah satu hal yang memberikan pengaruh saat bekerja adalah kondisi lingkungan kerja. Pun begitu saat Anda bekerja dari rumah. Tips bekerja dari rumah ini sangat cocok jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Dengan Anda berada di rumah, sangat gampang anak Anda menganggap Anda sedang tidak bekerja, bukan? Inilah pentingnya membuat sebuah kesepakatan dengan anggota keluarga Anda. Kalau membuat kesepakatan dinilai terlalu kaku, mari ganti istilahnya dengan meminta pengertian anggota keluarga. Meminta pengertian anggota keluarga atau orang rumah ini sangat penting dilakukan. Produktivitas Anda bisa terganngu hanya karena kakak atau adik Anda tiba-tiba masuk ke ruang kerja saat Anda sedang focus-fokusny. Salah-salah hal ini bisa memicu perselisihan dan akan mengurangi performa kerja Anda.
Tetapkan Waktu Untuk Beristirahat Sejenak
Menetapkan istirahat sangat penting saat Anda bekerja di rumah. Namun istirahat disini bukan ja istirahat seperti yang normal, yang waktunya bisa mencapai satu jam. Umumnya saat jam makan siang. Istirahat disini adalah istirahat sejenak untuk sebatas menyegarkan pikiran dan sedikit meluruskan punggung Anda. Duduk selama berjam-jam di depan layar computer bagi beberapa orang akan sangat menyiksa. Terutama kalau Anda adalah penderita sakit punggung. Anda bisa melakukan kegiatan lain selain dari pekerjaan Anda. Misalnya berjalan-jalan di dalam rumah,berinteraksi dengan orang rumah, atau sekedar menyeduh secangkir the atau kopi.