tips bekerja dari rumah

Tips Bekerja Dari Rumah Tetap Produktif

Tips Bekerja Dari Rumah.

“Dengan kondisi ini, saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, belajar dari rumah, ibadah dari rumah”

Di atas adalah kutipan pidato Presiden Joko Widodo menyikapi mewabahnya virus Covid-19 atau yang dikenal masyarakat luas sebagai virus corona. Presiden Jokowi meminta segenap masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait merebaknya virus yang pertama kali dideteksi muncul di kota Wuhan, Tiongkok ini. Salah satu imbauan yang dikeluarkan presiden adalah bekerja dari rumah, alias work from home. Bagi Anda, yang akan dan telah memulainya, simak tips bekerja dari rumah berikut ini.

Work From Home: Dulu dan Sekarang

Di masa lalu, bekerja dari rumah atau pelakunya lazim disebut sebagai pekerja remote memiliki reputasi yang kurang baik di mata masyakat. Banyak gangguan yang terjadi saat mereka bekerja di rumah. Bekerja dari rumah adalah hal yang langka sepuluh tahun yang lalu. Bekerja dari rumah di masa lalu hanya bisa terjadi karena kasus-kasus tertentu. Misalnya untuk mengakomodasi keluarga pada taraf tertentu.

Namun berkat majunya teknologi, beberapa sector bisnis telah berkembang dan mampu mengadaptasi model kerja ini. Tak jarang, ada perusahaan mengizinkan pekerjanya untuk bekerja dari rumah, setidaknya sekali dalam seminggu. Di masa kini, bekerja dari rumah dapat membantu orang untuk tidak kehilangan produktivitasnya karena terjadinya hal-hal yang tak terduga. Contoh actual tentu saja yang sedang menjadi pembicaraan hangat dimana-mana. Yap. Virus corona. Mewabahnya virus ini mendorong banyak pengusaha beralih ke model bekerja jarak jauh untuk karyawannya. Hal ini penting dilakukan sebagai upaya untuk membatasai penyebaran virus corona. Namun seiring perkembangan zaman, terutama majunya teknologi komunikasi, bekerja jarak jauh malah menjadi tren yang terus semakin banyak pelakunya. Sangat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara jarak jauh. Misalnya seperti penulis, desainer grafis, ataupun video editor. Bisa dikatakan hampir semua jenis pekerjaan kreatif bisa dilakukan dari rumah. Namun ada juga beberapa fungsi pekerjaan yang memang tidak bisa dilakukan secara jarak jauh. Dokter misalnya. Tentu kita tidak bisa membayangkan seorang dokter melakukan tindakan tapi secara fisik berjauhan dengan pasien. Atau, karyawan bank. Sulit untuk menggambarkan bagaimana karyawan bank bekerja, tetapi tidak bersentuhan langsung dengan nasabah.

Tips Bekerja Dari Rumah

Meskipun terlihat mudah dan menyengkan, bekerja dari rumah sebenarnya bukanlah hal yang mudah. Terutama bagi mereka yang baru pertama melakukannya. Proses adaptasi sangat menentukan performa Anda saat berkerja dari rumah. Biarpun sama-sama bekerja, lingkungan kerja Anda berbeda seperti saat Anda berada di kantor. Berikit ini tips bekerja di rumah ala Teknoweb.

Menjaga Komunikasi Dengan Tim

Apapun penyebabnya, factor kunci dari lancarnya bekerja dari rumah adalah komunikasi. Terutama sekali menjaga komunikasi Anda dengan tim. Jika saat dikantor komunikasi dengan tim bisa dilakukan secara langsung saat ada masalah, hal demikian tidak akan terjadi jika Anda dan tim bekerja secara berjauhan. Salah satu kunci sukses berkomunikasi saat bekerja jarak jauh adalah selalu stand by dengan perangkat telekomunikasi. Tujuannya tentu untuk memudahkan Anda dan tim saling terhubung meskipun tidak berada pada tempat dan waktu yang sama.

Perlakukan Pekerjaan di Rumah Selayaknya di Kantor

Salah satu hal yang paling banyak membuat orang salah paham mengenai konsep kerja jarak jauh atau work from home adalah sikap terhadap pekerjaan. Satu hal yang diingat adalah, dirumah Anda sedang bekerja. Bukan sedang libur hanya karena Anda tidak perlu masuk kantor. Sebagai pekerja profesional tentu Anda sangat dituntut untuk selalu bertindak professional dimanapun berada.

Salah satu contoh paling gampang adalah menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu. Faktor dedikasi pada pekerjaan ini juga salah satu faktor krusial yang menentukan keberhasilan program bekerja dari rumah. Dan cara termudah untuk membangun suasana kerja dirumah selayaknya di kantor adalah menyamakan waktu reguler di rumah dengan jam kantor. Anda bisa menetapkan, kapan Anda mulai bekerja, kapan saatnya istarahat, dan jam berapa Anda harus meninggalkan meja kerja setelah semua pekerjaan Anda beres. Dengan demikian, ritme kerja Anda dirumah akan sama dengan yang biasanya Anda lakukan di kantor.

Set Workspace Senyaman Mungkin

Salah satu yang paling membedakan saat bekerja di rumah dan di kantor adalah kondisi workspace Anda. Tak ada salahnya untuk membuat workspace Anda seperti di kantor. Tentunya tanpa mengurangi kenyamanan yang mungkin. Anda bisa menambahkan beberap printilan agar membuat workspace Anda mirip di kantor. Tentu tanpa mengurangi suasana casual dan nyaman di rumah.

Meminta Pengertian Dengan Orang Rumah

Salah satu hal yang memberikan pengaruh saat bekerja adalah kondisi lingkungan kerja. Pun begitu saat Anda bekerja dari rumah. Tips bekerja dari rumah ini sangat cocok jika Anda sudah berkeluarga dan memiliki anak. Dengan Anda berada di rumah, sangat gampang anak Anda menganggap Anda sedang tidak bekerja, bukan? Inilah pentingnya membuat sebuah kesepakatan dengan anggota keluarga Anda. Kalau membuat kesepakatan dinilai terlalu kaku, mari ganti istilahnya dengan meminta pengertian anggota keluarga. Meminta pengertian anggota keluarga atau orang rumah ini sangat penting dilakukan. Produktivitas Anda bisa terganngu hanya karena kakak atau adik Anda tiba-tiba masuk ke ruang kerja saat Anda sedang focus-fokusny. Salah-salah hal ini bisa memicu perselisihan dan akan mengurangi performa kerja Anda.

Tetapkan Waktu Untuk Beristirahat Sejenak

Menetapkan istirahat sangat penting saat Anda bekerja di rumah. Namun istirahat disini bukan ja istirahat seperti yang normal, yang waktunya bisa mencapai satu jam. Umumnya saat jam makan siang. Istirahat disini adalah istirahat sejenak untuk sebatas menyegarkan pikiran dan sedikit meluruskan punggung Anda. Duduk selama berjam-jam di depan layar computer bagi beberapa orang akan sangat menyiksa. Terutama kalau Anda adalah penderita sakit punggung. Anda bisa melakukan kegiatan lain selain dari pekerjaan Anda. Misalnya berjalan-jalan di dalam rumah,berinteraksi dengan orang rumah, atau sekedar menyeduh secangkir the atau kopi.

Tetap Menjaga Semangat

Bekerja dari rumah yang di sebabkan adanya bencana atau wabah sangat rentan mempengaruhi kondisi psikologis. Karena itu sangat penting untuk memilah informasi yang beredar di media. Dan salah satu cara untuk menjaga semangat tersebut adalah dengan selalu berkomunikasi dengan rekan kerja Anda dan jangan merasa terisolasi. Anda bisa memberikan update pekerjaan secara berkala sekaligus sesekali melempar guyonan segar. Semua agar pikiran tetap fresh dan terhindar dari stress. Hanya saja, jangan lakukan hal ini terlalu sering. Salah-salah, Anda akan dianggap mengganggu.